4 Tips Mudah Menghemat Penyimpanan Internal Android

Cloud Storage Indonesia - Bagi para pengguna android biasanya menyimpan semua data - data di smartphone mereka dengan alasan tidak ribet dan gampang. Segala jenis file audio, gambar, video dan lain - lain dapat disimpan di android. Akibatnya penyimpanan internal di android jadi penuh dan menjadi lelet. Untuk itu di bawah ini adalah tips agar ruang penyimpanan internal android kamu bisa bernafas.

Sumber : Google

1. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya diuninstall saja karena akan memenuhi memori. Kamu bisa memilih - milih aplikasi mana saja yang kamu butuhkan dan mana yang tidak. Kalau kamu bingung memilih aplikasi yang mana yang akan diuninstal sebaiknya kamu urutkan sesuai kategorinya. Ada sosial media, photo editor, kamera, chatting, dan lain - lain.  Setelah itu kamu bisa memilih yang mana di antaranya tidak terlalu seing kamu gunakan dan bisa kamu uninstall.

2. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Atau jika kamu memiliki sd card atau memori eksternal kamu dapat memindahkan aplikasi - aplikasi yang ada di smartphone kamu ke kartu memori eksternal. Kartu memori eksternal ada bermacam - macam ukurannya mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64 GB sampai 128GB juga ada. Nah kalau sudah kamu akan merasa handphone kamu lebih ringan karena memori internalnya sudah bisa bernafas.

3. Membersihkan Cache

Cache berisi histori data penggunaan aplikasi, username, password, data-data yang tersimpan pada aplikasi. Dengan menghapus cache setidaknya memori internal akan sedikit lebih lega beberapa MB. Namun kamu perlu berhati-hati karena dengan terhapusnya cache maka aplikasi tersebut akan kembali seperti pertama kali kamu menginstall, tidak ada data yang tersimpan sama sekali. Cara untuk menghapus cache sebuah aplikasi pada smartphone Android sangatlah mudah. Pertama kamu masuk ke menu setting – apps – pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya – clear cache.

4. Gunakan Cloud Storage

Cloud Storage atau penyimpanan awan ini dapat menyimpan semua file kamu di internet namun tidak perlu menggunakan memori. Dengan Cloud Storage kamu dapat menyimpan semua data - data kamu secara aman dan terpusat. Salah satu Cloud Storage yang bisa kamu pakai untuk menyimpan data tesebut adalah Google Drive atau kalau mau yang lain kamu dapat menggunakan Mega, Dropbox, ataupun Google Photos yang dapat menyimpan semua video dan foto kamu.


Nah, itu dia cara menghemat ruang penyimpanan internal agar memori handphone kamu bisa lebih luas dan juga handphone kamu jadi ringan saat digunakan. Sekian dari artikel ini saya tulis semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Mudah Menghemat Penyimpanan Internal Android"

Posting Komentar