Tips Menekuni Bisnis Ayam




Bisnis Ayam - Ayam kampung merupakan salah satu jenis ternak unggas yg telah memasyarakat dan tersebar di hampir di seluruh pelosok nusantara. Ayam kampung adalah sebutan ayam peliharaan yg tidak ditangani dgn cara budidaya massal untk komersial. Berternak ayam buras atau ayam kampung ternyata merupakan peluang usaha yg sangat menjanjikan khususnya dibali

Salah seorang yg mulai membudidayakan ayam kampung untk keperluan upacara ialah sang ketut ariawan. Berawal dari dua ekor indukan, lambat laun berkembang menjadi puluhan ekor ayam yg siap dimanfaatkan untk bibit maupun dijual untk memenuhi kebutuhan upacara di bali, menurutnya permintaan untk jenis ayam ini di bali sangat banyak karena hampir setiap upacara keagamaan di bali membutuhkan jenis ayam ini. Pembibitan merupakan hal yg sangat penting untk menghasilkan jenis ayam ini, bibit yg dipilih haruslah bibit yg sudah diketahui kualitasnya baik, diantaranya tekstur tubuhnya agak gemuk, serta memiliki riwayat telur yg banyak. Untk ayam induk dan pejantannya dipilih dari anak ayam yg berwarna tunggal biasanya merah saja. Agar proses penggemukan dan perkembangbiakan dapat optimal, pakan ternak yg baik memegang peranan yg sangat penting. Pakan ayam bisa berupa jagung, dedak atau pelet yg murah dan relatif mudah memperolehnya. Ayam induk akan bertelur setelah usia 6 hingga 8 bulan dan satu induk akan menghasilkan 10 hingga 15 butir telur untk satu kali masa bertelur.

Untk menghindari kemungkinan terjadinya penularan penyakit pada hewan ternak peternak harus segera mengarantina ayam yg dicurigai terserang penyakit, serta mencegah hewan lain masuk ke kompleks peternakan. Untk membatasi hal tersebut sebaiknya menggunakan jaring untk menutupi sekeliling peternakan. Hal ini sangat efektif, selain hewan lain tidak dapat masuk ke kompleks peternakan, hewan ternak juga dapat leluasa hidup di alam terbuka.

Meskipun bisnis ayam kampung khususnya untk upacara ini sangat menjanjikan namun untk mengembangkannya ternyata membutuhkan modal yg tidak sedikit, setidaknya kita harus memiliki kandang yg cukup luas untk perkembangbiakannya disamping harus memperhatikan makanan dan perawatan dari ternak tersebut. Hal itu pula yg menjadi kendala bagi sang ketut ariawan untk mengembangkan usahanya sehingga dirinya sangat berharap peran serta dari pemerintah setempat untk lebih memperhatikan para peternak lokal dan pemerintah hendaknya lebih aktif kelapangan untk melihat potensi apa saja yg dimiliki oleh masyarakat setempat sehingga dapat lebih dikembangkan.

Nah hobis setelah anda menyimak taygan ini kami harapkan jiwa usahawan anda dapat lebih terbuka, karena banyak sekali usaha peternakan yg dapat dimanfaatkan untk menghasilkan keuntungan rupiah bagi anda, dan salah satu yg patut anda coba adalah usaha budidaya ayam kampung khususnya untk upacara, karena di bali jenis ayam ini sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat, dan dgn ketekunan dan kerja keras anda niscaya hasil yg akan anda peroleh melebihi dari apa yg anda baygkan.



Sumber: balitv.tv

Temukan Info Lain Seputar Bisnis Ayam

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Menekuni Bisnis Ayam"

  1. bagus deh infonya saya juga punya info nih bagi yang butuh mesin tetas hub 085230437283 trims ya

    BalasHapus