Kisi-kisi Memilih Macam Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Harga Server UnbkDikala mulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor utama yang mempertimbangkan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Menurut yang patut dipikirkan pertama kali sebelum memilih macam server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan kompleks, menengah, atau sebatas diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru dapat memutuskan jenis server yang sesuai untuk jasa  Anda.

Kisi-kisi Memilih Macam Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam empat bagian, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server macam ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan sebab formatnya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna laptop antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai daya cadangan untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengendalikan metode pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga mampu meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan pesat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, walaupun begitu server macam ini mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat mengaplikasikan penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan model server paling tinggi. Server ini sanggup menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari seribu user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berimbas pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi Memilih Macam Server yang Layak dengan Perusahaan Anda"

Posting Komentar