Kiat-kiat Memilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaDikala mulai merintis usaha startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal ini bisa menjadi suatu faktor prioritas yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang seharusnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan jenis server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Kiat-kiat Memilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda


Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan high, menengah, atau sebatas digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru bisa memastikan jenis server yang tepat untuk usaha  Anda.
Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server tipe ini umumnya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak dipakai karena formatnya yang ramping dan mudah dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara dua puluh sampai 100 orang bisa memilih server model ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini sanggup melakukan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga sanggup tampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meski begitu server model ini memiliki kelebihan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menggunakan penyuplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini tepat untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs isu, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan macam server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal supaya server bisa bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Memilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda"

Posting Komentar