Cara Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Jasa Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaSaat mulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diterapkan. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi satu unsur penting yang mempertimbangkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang seharusnya dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih tipe server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan high, sedang, atau cuma diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan model server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Cara Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Jasa Anda


Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak digunakan karena formatnya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pengguna pc antara dua puluh sampai seratus orang dapat menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini sanggup mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meskipun begitu server macam ini mempunyai kelebihan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini tepat untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website isu, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni macam server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berpengaruh pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini mampu mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pilih Jenis Server yang Pantas dengan Jasa Anda"

Posting Komentar