Kiat-kiat Menentukan Macam Server yang Pantas dengan Usaha Anda

PC Server TerbaikPada saat memulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal hal yang demikian bisa menjadi sebuah elemen prioritas yang mempertimbangkan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Menurut yang patut dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih tipe server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan kompleks, sedang, atau hanya digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan model server yang cocok untuk usaha  Anda.

Kiat-kiat Menentukan Macam Server yang Pantas dengan Usaha Anda


Sekarang ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat golongan, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini biasanya dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan gampang diletakkan pada rak server.
Model server ini sangat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas user pc antara dua puluh sampai 100 orang dapat memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai tenaga back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi sistem pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup simpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server jenis ini mempunyai keunikan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menggunakan penyuplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web berita, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni tipe server paling tinggi. Server ini sanggup menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bergantung pada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan cara pendingin ruangan yang maksimal supaya server dapat berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berimbas pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Menentukan Macam Server yang Pantas dengan Usaha Anda"

Posting Komentar