Cara Pilih Tipe Server yang Layak dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaPada saat memulai merintis usaha startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini dapat menjadi satu elemen prioritas yang memutuskan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang sepatutnya dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan jenis server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan kompleks, sedang, atau cuma diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru bisa memastikan jenis server yang cocok untuk usaha  Anda.

Cara Pilih Tipe Server yang Layak dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna pc antara dua puluh hingga 100 orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini bisa mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, memegang metode pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga sanggup tampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server jenis ini mempunyai keunggulan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini tersambung pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat memakai suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka jika ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, web informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu model server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan cara pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi kerja user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pilih Tipe Server yang Layak dengan Usaha Anda"

Posting Komentar