Kisi-kisi Memilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Simplivity Hyper ConvergenceSaat memulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal ini dapat menjadi sebuah faktor penting yang menentukan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Menurut yang wajib dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih tipe server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau sebatas digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan jenis server yang sesuai untuk layanan  Anda.

Kisi-kisi Memilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 kategori, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang slim dan mudah dipasangkan pada rak server.
Model server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pengguna pc antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik dibandingikan dengan server model entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa menjalankan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan sistem pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga sanggup simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih besar. Sebagian, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun demikian server jenis ini mempunyai kelebihan tersendiri bila diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menerapkan suplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka kalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, situs info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari seribu user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal supaya server mampu berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berdampak pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi Memilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda"

Posting Komentar