Yuk Simak Tips Cerdas, Sebelum Berbelanja Online

Gambar terkait
Zaman sekarang, hal apapun terasa semakin praktis dan mudah dilakukan. Salah satunya ialah membeli barang secara online. Dengan belanja online, kamu tentunya gak perlu repot-repot lagi ke toko, hanya perlu searching-searching cantik pakai internet 4g, bayar dengan kartu, dan tunggu barangnya datang. Nah, karena kemudahan inilah, saat ini semakin banyak orang yang memilih olshop untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka.

Namun, tak sedikit ada yang tertipu karena belanja di toko online, lho. Mulai dari pesanan tak sesuai dengan gambar, bahkan ada yang barangnya tak kunjung datang padahal kamu sudah bayar! Wah, jangan sampai terjadi padamu ya, guys. Yuk, lihat tips berikut ini agar kamu tak jadi korban penipuan saat berbelanja online! Cekidot.

1. On Trusted Site or Apps
Gambar terkait
Bila ada yang ingin meminjam uangmu, pasti kamu akan meminjamkannya pada orang yang kamu percayai saja, atau bila ada jaminan. Nah, begitu pula dengan online shop. Kamu pun harus jeli saat memutuskan membeli barang, dengan memastikan bahwa situs atau penjual yang berhubungan denganmu itu memang terpercaya, guys. Tapi, bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa mereka memanglah terpercaya?

- Mencantumkan alamat, nomor kontak yang bisa dihubungi
- Browsing ulasan terlebih dahulu. Hindarilah membeli barang pada penjual yang belum ada ulasannya sama sekali.
- Kamu boleh percaya pada penjual yang tanggapan pembelinya positif, guys.

2. Read the police rules please!
Hasil gambar untuk police rules in online shop
Ini hal yang paling "nggak banget" untuk dilakukan. Ya, membaca kebijakan situs/aplikasi. Bahasanya yang cenderung kaku, dan biasanya sangat banyak memang mebuat kita malas untuk membacanya. Dan langsung mengklik "Ya, saya setuju." saja. Padahal, disinilah salah satu hal penting yang harus kamu cermati, sebelum membeli barang pada online shop, guys. Mengenai pengembalian barang bila terjadi sesuatu, peraturan privasi mengenai data pribadi, dll. Kalau setelah dibaca baik-baik, kan jadi lebih aman untuk bertransaksi di sana guys!

3. About the cheap prices?
Siapa yang tak tergiur dengan murahnya harga? Nah, penting untuk diketahui nih, guys.. Bahwa jangan hanya memperhatikan harga saat ingin membeli barang. Mengapa? Karena kualitas barang pun penting untuk diperhatikan, daripada harganya. Lihatlah ulasan dari pembeli sebelumnya: apakah barang yang dijual asli atau palsu? Iya, harga murah tapi kualitasnya murahan dan tak berkualktas, untuk apa? Ingat, jangan membuat dirimu menyesal di akhir ya, guys.

4. Check items carefully
Hasil gambar untuk online shop
Pastikan kondisi barang yang akan kamu beli dalam kondisi yang baik, dan tentunya memang menjadi kebutuhanmu. "Jangan malu bertanya, nanti sesat di jalan." Tanyakanlah sesuatu yang kamu ingin ketahui, atau masih membingungkanmu. Kamu pun harus jeli mengenai rincian produk yang akan dibeli, mulai dari spesifikasi, warna, dll.

5. Knowing the size
Ketahuilah ukuran barang yang akan beli, guys. Jangan sampai kamu salah membeli barang karena ukurannya tak sesuai dengan yang kamu igninkan.

6. Buang bukti transaksi?
Hasil gambar untuk online shop transaction proof
Weitss.. Jangan dibuang dong, guys. Simpanlah bukti transaksi yang kamu miliki, sebelum barang yang kamu beli benar-benar sampai di rumahmu. Gak hanya bukti transaksi yang disimpan, tapi screenshot percakapan dengan penjual, deskripsi produk & harga, dll. harus tetap utuh. Mengapa? Hal itu karena, bila ada barang yang tak sesuai dengan keinginan, kamu dapat dengan mudah meng-klaimnya, ataupun meminta ganti rugi terhadapnya.

That's all, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Simak Tips Cerdas, Sebelum Berbelanja Online"

Posting Komentar