Tips Jitu Pilih Headphone Yang Oke Punya

Gambar terkait
Internet Provider Jakarta - Bila ingin menikmati musik untuk diri sendiri, atau agar orang lain tidak terganggu dengan suara musik yang kita dengarkan, biasanya menggunakan Headphone. Memang sih, aktivitas apapun dan kapanpun, terasa lebih nyaman saat didampingi dengan iringan musik favorit dengan si headphone. Nah, agar musik yang kamu dengarkan jadi lebih optimal suaranya, kamu perlu tips memilih headphone yang baik nih, guys. So, apa aja ya tips-tips memilih headphone yang baik itu? Let's check it out!

1. The design

Who says, kalau desain headphone itu gak penting? Kamu sebaiknya memilih desain headphone yang nyaman digunakan. Ada beragam jenis headphone yang dapat kamu pilih, guys. Desain headphone ini bisa memberikanpengalaman suara yang berbeda, lho. But it's all, up to you to choose!. Tipenya mulai dari :

- Headphone in-ear, yaitu ear bud yang disematkan ke dalam daun telinga,  yang memberikan isolasi kebisingan dari luar dan suara bass yang lebih dalam.
- Headphone on ear, yang berada persis di daun telinga, yang memberikan punch dan pressure lebih tinggi.
- Headphone over ear, yang menutupi seluruh telinga anda, yang memiliki karakter suara lebih natural.

2. Prefer wire or wireless?
Hasil gambar untuk HEADPHONEWIRELESS
Tips yang satu ini harus disesuaikan dengan aktivitas penggunaanmu terhadap si headphone, guys. Headphone kabel digunakan untuk aktivitas umum, sedangkan untuk wireless digunakan untuk aktivitas yang aktif seperti berolahraga ataupun sebagai alat komunikasi sound engineer.

Untuk kualitas suara, headphone jenis kabel biasanya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan wireless. Mengapa? Ya, karena suara dihantarkan secara langsung tidak menggunakan gelombang frekuensi, seperti pada headphone wireless, guys.

3. Look the spec!
Hasil gambar untuk HEADPHONE SPEC
Ini bisa kamu jadikan sebagai hal pertama yang perlu kamu lakukan saat memilih headphone, guys. Mengapa? Karena spesifikasi yang bagus, sangat berpengaruh terhadap kualitas suaranya. Nah, berikut ini spesifikasi headphone yang harus kamu ketahui :

- Frequency response, yaitu sebuah ukuran seberapa lebar rentang frekuensi suara yang bisa dihasilkan oleh sebuah headphone. FYI, headphone dengan 10Hz-27000Hz lebih kaya suara, dibandingkan jenis headphone lainnya.

- Range Impedance, berguna untuk menunjukan resistensi/ ketahanan yang dimiliki sebuah headphone.  Semakin tinggi impedance dari musik player yang digunakan, maka akan memberikan tenaga yang besar pada driver headphone, guys. Selain itu, bila impedance pada spesifikasi headphone lebih besar dibandingkan pemutarnya, maka  nantinya volume suara akan lebih kecil dan kurang bertenaga, lho.

- Sensitivitas Headphone, untuk mengetahui seberapa keras suara yang dapat dikeluarkan. Semakin besar angkanya, maka semakin keras suaranya.

4. Look for the closed or the open one?
Hasil gambar untuk HEADPHONE closed or open
Secara singkat, tipe headphone yang satu ini dapat dibedakan dari model housing yang digunakan, guys.
Tipe headphone open
Tipe yang biasanya memiliki celah-celah udara. Suara yanbg dihasilkan headophone ini lebih natural, berkat sirkulasi udara pada driver. Tipe ini juga menghasilkan soundstaging yang lebih luas dibandingkan headphone closed.

Tipe headphone closed
Tipe ini housingnya tertutup secara sempurna, tanpa ada celah udara. Driver pada headphone tidak memiliki celah udara, sehingga suara dan udara tidak dapat bergerak bebas. Soundstaging menjadi tertahan dan karakter suara juga tidak terlalu natural.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Pilih Headphone Yang Oke Punya"

Posting Komentar