Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Si Linux OS

Hasil gambar untuk linux
Asta Protek Jiarsi - Kamu menggunakan sistem operasi apa, guys? Windows, iOS? Sistem operasi tersebut memang berbayar, guys. Nah, bagaimana kalau Linux, pernah mendengarnya kah? Linux merupakan sistem operasi yang gratis dan open-source, guys. So pasti, karena gak berbayar, kamu pun dapat memodifikasinya, lho. Wah, keren kan. Eitss.. Tunggu dulu, masih banyak kok alasan mengapa kamu harus pakai sistem operasi Linux ini, guys. Mau tahu apa aja? Kuy, let's check it out!

Dibandingkan sistem operasi lainnya, OS Linux memang mempunyai tingkat popularitas yang rendah.. Apalagi bila dibandingkan dengan Windows yang sudah tenar, guys. Namun, hal ini tidak mengurangi kelebihan yang bisa dijumpai pada OS Linux ini, lho. Kamu dapat menemukan berbagai fitur menarik, hingga ketersedian distro yang melimpah!
Hasil gambar untuk linux

Sayangnya, tak bisa dipungkiri kalau Linux masihlah kurang diminati oleh masyarakat umum. Mereka yang memakai Linux kebanyakan adalah yang sudah ‘jago komputer’, dan menganggap pengoperasian OS satu ini sangat sulit. Padahal, saat ini banyak juga lho, distro Linux yang bisa digunakan dengan cukup mudah untuk para pemula. Bagi kamu yang masih ragu untuk menggunakan OS Linux, mungkin lima alasan di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan untuk mulai menggunakannya, guys.

1. Still learning? It's ok.
Jangan takut untuk menginstal Linux, karena kamu belum memahami perintah-perintah di dalamnya, guys. Menginstal Linux tak berarti meninggalkan Windows Lho. Sistem operasi Linux bisa diinstal pada komputer secara bersamaan dengan OS Linux, atau bisa disebut dual boot. Ditambah, menginstal Linux juga bisa dilakukan menggunakan USB flash disk, jadi akan semakin mudah!

 2. Easy to use?
Hasil gambar untuk linux
Mungkin bayangan pertama kali yang muncul di pikiran anda, saat menggunakann Linux adalah penggunannya yang ribet. Tenang, guys.. Si Linux saat ini bisa juga digunakan oleh para pemula, kok. Banyak distro yang interface-nya memang dikhususkan untuk user biasa, dan ada juga yang berfungsi dengan baik bila dijadikan sebagai server. Contohnya, ialah Linux Ubuntu. Distro Linux yang satu ini didesain untuk para pemula lengkap dengan fitur-fitur seperti yang ada pada Windows, lho. Keren kan?

3. Interesting apps on there!
Hasil gambar untuk linux arch
Tak kalah dengan OS yang terkenal, aplikasi pada Linux pun menarik guys, bahkan kadang ada yang lebih baik daripada aplikasi yang disediakan oleh OS berbayar tsb. Ya, si Linux ini pun dibarengi dengan keberadaan aplikasi yang menunjang, guys.

Mulai dari keberadaan aplikasi Thunderbird untuk sarana email, LibreOffice untuk membuat dokumen, Evolution yang merupakan versi Linux dari Outlook, aplikasi edit foto GIMP dan lain-lain. Jangan salah... Pengguna Linux pun dapat pula memakai aplikasi populer seperti Google Chrome, VLC Player, Dropbox, Skype ataupun Spotify, lho. Dan jangan lupa, saat ini juga cukup banyak aplikasi yang bisa diakses secara online. Office Online seperti Office365 dari Microsoft adalah salah satu contohnya, guys.

4. A M A N!
Hasil gambar untuk linux safety
Keamanan terjaga dibandingkan Windows, meskipun pengguna Linux sangatlah kecil. Hal ini pun berdampak positif terkait keamanan data pada komputer, guys. Mengapa? Karena  jumlah hacker yang melakukan aksi isengnya di perangkat Linux pun sangat terbatas. Selain Linux memang sulit ditembus hacker, karena perintahnya yang cukup rumit. Ditambah lagi, karena OS Linux merupakan sebuah sistem operasi yang didesain untuk keamanan. Wah, emezink! :D

5. Sama dengan ...
Memakai Linux = (baca:sama dengan) mendukung komunitas open source. Penggunaan Linux juga merupakan salah satu aksi dukungan terhadap komunitas open source, guys. Hal ini pun bakal berdampak positif pada ketersediaan aplikasi-aplikasi gratis yang bisa digunakan secara bebas, lho. Semakin banyak dukungan, tentu saja semakin banyak aplikasi gratis yang bakal dikembangkan. Suka yang namanya aplikasi gratis dan bukan bajakan kan? Lebih barokah katanya, hehe.

6. Faster than ...?
Linux itu ringan, jadi Linux lebih cepat dibanding sistem operasi lain, guys. Windows memiliki software yang ukuran nya besar dan oleh karena itu cenderung lebih berat untuk dioprasikan. Dalam suatu kasus seperti operasi bisnis dengan skala besar atau untuk kenyamanan bermain game, time is important! Nah, Linux dianggap lebih baik dalam hal manajemen waktu ini, guys!

7. IT Has Big Community!
Hasil gambar untuk linux community
You can share it, with the world! Ya, dengan memiliki Linux, kamu dapat berbagi segalanya dengan sesama pengguna/komunitas linux di dunia. Kamu pun dapat menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang masalah linux, atau jika pertanyaan kamu mengalami kesulitan saat mengoperasikan si Linux, tak jarang maka komunitas akan sangat senang membantumu, guys. Banyaknya komunitas memungkinkan masalah yang ada akan lebih mudah terselesaikan. And the reality is.. Kamu bisa merasakan "Limited edition people" yang menggunakan Linux. Yes, you're someone special to use it, guys!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Si Linux OS"

Posting Komentar