Eksperimen Program dengan Virtual Machine


Cloud Server Indonesia - Banyaknya Update terbaru dari Sistem Operasi pastinya membuat kamu penasaran ya, kira-kira fitur baru apa sih yang ada didalamnya dan apa ya kelebihan dan kekurangannya? Ketika anda ingin mencobanya semua, namun apa daya spesifikasi PC atau Laptop anda tidak memadai. Aduh pasti bingung kan ya? Eits gak usah bingung, karena di Zaman yang serba canggih ini sudah ada yang namanya Virtual Machine.

Apa ya Virtual Machine itu?
Apa hubungannya sama Sistem Operasi?

Virtual Machine adalah sebuah program yang berguna untuk membantu melakukan suatu simulasi computer, didalam Virtual machine juga sudah terdapat banyak virtual fitur, seperti RAM, Hardisk, Prosesor, Graphic Card, dll. Semua virtual fitur tersebut dapat berfungsi sebagaimana yang terdapat dalam PC sungguhan.Virtual Machine selain digunakan secara pribadi, saat ini banyak instansi pendidikan yang menggunakannya sebagai modul belajar karena dinilai memiliki banyak kegunaannya.

Fungsi
  • Mencoba sistem operasi yang kita inginkan
  • Mencoba software terbaru sebelum diinstall pada PC kita
  • Kalau kamu kangen sama game atau software jadul yang tidak kompatibel dengan sistem operasi terbaru kamu bisa nih menggunakan virtual machine untuk menjalankannya.
Selain banyak kegunaannya virtual machine juga memiliki banyak kelebihannya seperti, jika terjadi kerusakan pada Sistem Operasi pada Virtual Machine tidak akan berpengaruh pada PC kamu, Kamu dapat menjalankan beberapa Sistem Operasi dan beberapa Program.

Tapi sayangnya jika PC kamu sedang lemot maka hal itu berpengaruh pada Virtual machine kamu, selain itu kamu juga harus memiliki RAM minimal 2GB atau lebih jika ingin menjalankan Virtual Machine yang lancar.

Contoh Virtual Machine
VirtualBox

Virtualbox adalah Software gratis Virtual Machine milik Oracle yang ringan serta praktis dan bisa dipakai semua kalangan, Software ini kompatibel dengan Sistem Operasi Windows, Mac, dan Linux.

VMware

VMware adalah software virtual machine yang didirikan oleh VMware Inc. VMware dibagi dua jenis, yaitu VMware Workstation dan VMWare Player, yang membedakan ialah VMware Workstation berbayar dan VMware Player terdapat fitur free. Fungsi dan cara kerjanya sama seperti VirtualBox, namun Vmware hanya kompatibel pada Sistem Operasi Linux dan Windows saja.

Windows Virtual PC

Windows Virtual PC adalah software Virtual Machine buatan Microsoft dan hanya kompatibel pada Windows saja.

Qemu

Qemu diluncurkan oleh Linux, biasanya digunakan untuk resourch kecil ya dan hanya digunakan untuk Linux saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eksperimen Program dengan Virtual Machine"

Posting Komentar