Mengenal Arti dan Manfaat Cloud Computing

Hadir beberapa tahun yang lalu, cloud computing saat ini sudah mnejadi salah satu istilah baru yang melekat di benak para penggemar dunia teknologi. Kala itu, Microsoft sudah menciptakan sebuah jargon yaitu “Cloud First, Mobile First” dan kemudian disusul dengan pemain IT lainnya seperti AWS, Nexbit dan lain-lainnya.

Cloud computing adalah sebuah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Dalam dunia teknologi IT, Cloud atau awan merupakan gambaran dari layanan sebuah konsep cloud computing. Awan sendiri yang ada di langit terdidir dari miliaran molekuk air, namun dari jauh terlihat seperti sebuah kesatuan.

Dari filosofi inilah tercipta layanan cloud computing ini, karena menggambarkan suatu kelompok dari berbagai computer yang terhubung dalam satu jaringan besar, sehingga semua pengguna bisa menggunakannya.

Mengenal Arti dan Manfaat Cloud Computing  

Saat ini penggunaan Cloud sudah banyak dan tanpa disadari kita sudah banyak yang menggunakannya terutama yang memiliki hp Android umunya memliki Cloud storage yang berasal dari Google Drive, selain itu juga ada One Drive, Virtual Server, Office online serta aplikasi lainnya yang bisa diinstal pada perangkat smartphone, PC dan Tablet.

Selain itu cloud computing juga sudah hadir untuk penyedia layanan cloud yang ditawarkan kerjasama oleh para rakasasa IT seperti Microsoft Azure, Amazon Web Service, dan lainnya.

Adapun keunggulan layanan cloud bagi seorang IT administrator adalah:

1. Aman. Data tersimpan dengan tingkat keamanan di server yang disediakan oleh cloud service provider dengan jaminan keamanan platform, ISO, dsb.

2. Fleksibilitas dan skalabilitas sangat baik. Dengan kemampuan ini user atau IT administrator bisa melakukan perubahan dimana saja dan kapan saja selam jaringan internet ada.

3. Lebih hemat. Dengan menggunakan layanan cloud ini, penggunanya tidak perlu menyediakan perangkat infrastruktur misalnya data center, storage dan lain sebagainya. Karena semua hal tersebut sudah disediakan oleh layanan cloud service provider, termasuk juga untuk biaya maintenance nya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Arti dan Manfaat Cloud Computing"

Posting Komentar