Jenis Kertas Foto yang Biasa Digunakan untuk Mencetak Foto

Jenis Kertas Foto yang Biasa Digunakan untuk Mencetak Foto
Halo semuanya, saya akan memberikan penjelasan tentang jenis kertas foto yang biasa digunakan untuk mencetak foto, dan berikut adalah jenis beserta penjelasannya:

Kertas Foto

Resin Coated (RC) paper : kertas foto dengan lapisan resin, sehingga bisa menyerap tinta secara perlahan tanpa membuat kertas menggelembung. Kertas jenis ini sangat populer karena cukup murah dan mampu memberi kekayaan warna yang tinggi. Kertas RC ini bisa memiliki tekstur permukaan yang halus dan mengkilap (glossy), agak mengkilap (semi-gloss/satin), sedikit mengkilap (luster) dan tidak mengkilap (matte/doff).

Cotton rag paper : biasa disebut juga dengan FineArt paper, dibuat dari bahan katun yang lebih kaya tekstur dibanding kertas inkjet lain dan juga lebih tahan lama. Kertas jenis ini lebih mewah dan lebih tebal dari kertas foto biasa, namun memiliki kualitas yang lebih baik, warna dan kontras yang tinggi serta cocok digunakan untuk galeri seni atau pameran foto.

Selain itu untuk mengukur ketebalan dan kepadatan bahan dari kertas foto, digunakan ukuran gsm (gram per square meter). Kertas foto memiliki berat yang bervariasi antara 220-280 gsm, sementara kertas FineArt biasanya antara 300-400 gsm. Semakin berat bobot sebuah kertas maka semakin tebal pula kertas tersebut.

Cek harga cetak foto 10r di link berikut : Harga Cetak Foto 10R

Tips

Dalam memilih kertas foto, selain mempertimbangkan jenis dan beratnya, ada baiknya mengenal juga hal-hal lain yang cukup penting seperti :

  • Penyerapan tinta, karena setiap kertas bisa berbeda tingkat penyerapan dan kertas foto dirancang untuk menyerap tinta secara perlahan dan tidak berlebihan, bandingkan dengan kertas biasa yang sangat meyerap tinta. Untuk itu kertas khusus cetak foto dilapisi coating khusus yang mampu menyerap tinta secara terkendali.
  • Brightness, sebuah ukuran tentang banyaknya sinar yang dipantulkan oleh permukaan kertas, dengan skala 0 sampai 100% (semakin tinggi maka semakin ‘terang’ kertas tersebut). Kertas yang punya brightness tinggi mampu memberikan kontras yang lebih baik dan juga warna yang lebih terang. Untuk membuat kertas lebih terang ada lapisan khusus yang disebut OBA (Optical Brightening Agents).
  • Kewaetan, berkaitan dengan seberapa lama kertas bisa bertahan sebelum akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda dimakan usia seperti pudar, menguning dan retak. Awalnya dulu dengan tinta inkjet, keawetan hasil cetak memang hanya sebentar, sehingga tidak cocok untuk kebutuhan profesional. Dengan teknik cetak modern berbasis pigmen, beberapa riset yang dilakukan menyimpulkan keawetan hasil cetakan bisa mencapai 200 tahun.
  • Pilihlah tempat cetak foto besar dan kanvas yang terpercaya, punya mesin yg khusus dengan tinta pigmen asli, lalu punya berbagai pilihan kertas dan kanvas berkualitas tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Kertas Foto yang Biasa Digunakan untuk Mencetak Foto"

Posting Komentar