Pemahaman Tentang Cloud Computing Sederhana

Apa yang dimaksud dengan cloud computing ? Cloud computing adalah kegiatan komputasi yang memberikan layanan jasa gratis atau berbayar dengan menempatkan data secara permanen di banyak server yang diakses pengguna melalui jaringan internet. Jadi, cloud computing mempunyai komponen yang terdiri dari :

 

-     -  Server = sebagai penyedia aplikasi dan tempat penyimpanan data.
-     - Jaringan Internet.
 -   - Software pada server dan pada sisi pengguna.
-    -   Perangkat Pengguna = bisa berupa komputer, laptop, smartphone, dll.

Banyak yang bertanya mengapa memakai istilah cloud ? Karena cloud lebih identik dengan layanan internet.

Sejarah Singkat Cloud Computing :
Sejarah cloud computing dimulai pada tahun 1960-an, berawal dari seorang pria yang bernama John McCarth yang merupakan seorang pakar komputer dari MIT meramalkan bahwa suatu hari nanti komputerisasi akan menjadi infrastruktur publik. Kemudian pada penghujung tahun 1990-an, lahirlah konsep Application Service Provider yang bisa kita singkat menjadi ASP, yang ditandai munculnya perusahaan pengolah data center. 

Selanjutnya pada tahun 1995, Larry Ellison, pendiri Oracle, melahirkan wacana “ Network Computing” pasca penetrasi Microsoft Windows 95. Ide itu menyebutkan bahwa PC tidak perlu dibenamkan software yang membuat kinerja menjadi berat dan cukup diganti sebuah terminal utama berupa server. 

Pada awal tahun 2000-an, Marc Beniof, eks Vice President Oracle melansir aplikasi CRM berbentuk “software as a service” bernama Salesforce.com sebagai penanda lahirnya cloud computing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemahaman Tentang Cloud Computing Sederhana"

Posting Komentar