Perbedaan Cloud Server dengan VPS

Perbedaan Cloud Server dengan VPS

Ketika kalian sedang mencari sebuah penyedia layanan hosting, pasti banyak perusahaan hosting yang menggunakan kata - kata dari cloud server maupun VPS. Dan mungkin kalian masih awam dengan istilah - istilah tersebut. Jadi pada postingan saya kali ini, saya ingin menjelaskan apa sih perbedaan dari cloud server dengan VPS. Yuk disimak guys.

Yang pertama saya akan menjelaskan Cloud Server

Pengertian Cloud Server sering sekali dipersulit

Sayangnya, dari beberapa provider web hosting sering mempersulit ketika pelanggan bertanya apa itu Cloud server, atau ketika pelanggan bertanya apa perbedaan antara VPS dengan Cloud Server.

Beberapa menyatakan bahkan VPS dan Cloud Server adalah hal yang sama karena dua istilah tersebut adalah virtual server dan satu-satunya perbedaan adalah masalah harga, cloud server Indonesia tidak semurah VPS.

Beberapa perusahaan VPS bahkan akan mengacu pada layanan mereka sebagai Cloud Hosting, mencoba memanfaatkan trend cloud computing, yang menambah kebingungan pelanggan yang berusaha untuk memahami perbedaan dan untuk membuat pilihan yang tepat.

Padahal yang sebenarnya Cloud Server itu

Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain (Host) di”satu”kan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Diatas platform cloud tersebut bisa berjalan beberapa server virtual (Guest). Teknologi cloud juga memungkinkan sekumpulan server virtual (Guest) membentuk suatu network VLAN seperti layaknya server-server fisik yang terhubung dengan LAN. Dimana tiap pelanggan memiliki secure VLAN masing-masing yang tidak bisa saling memasuki. Sehingga aplikasi business online kalian terutama di Indonesia, yang membutuhkan konfigurasi beberapa server dapat di akomodir oleh layanan cloud server. Selain itu layanan Cloud Server memberikan kalian kemudahan menaikan atau menurunkan resource server kalian seperti jumlah Core CPU, maupun jumlah RAM sesuai kebutuhan kalian atau biasa disebut On Demand. Kalian layak berhati-hati jika ada layanan mengaku Cloud Server terutama di Indonesia tapi tidak bisa memberikan fasilitas On Demand karena teknologi ini yang membedakan dengan VPS. Pada layanan Cloud, kalian juga masih bisa berlanganan 1 server, dengan konsekuensi harga sedikit mahal namun kualitas tentu saja lebih baik karena infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang saling membackup.

Yang kedua saya akan menjelaskan VPS

Apa sebenarnya itu VPS ?

VPS (Virtual Private Server) adalah layanan yang menyewakan server virtual, bedanya dengan web hosting adalah kalian memiliki kebebasan menentukan sistem operasi dan platform yang kalian gunakan sehingga kalian dapat mengoptimalkan layanan bisnis online kalian. Layanan ini harganya umumnya sedikit di atas web hosting. Namun VPS tidak bisa mengakomodir kebutuhan koneksi privat antar server. Jadi ketika kalian membutuhkan konfigurasi yang lebih optimal untuk security dan keandalan web online kalian VPS tidak bisa lagi memenuhi. Harap kalian berhati-hati juga dengan layanan VPS yang karena umumnya infrastrukturnya hanya terdiri dari 1 server fisik yang di share dengan software virtualisasi sehingga bisa menampung banyak guest OS. Artinya secara kualitas tidak berbeda dengan web hosting, kelebihannya hanya kalian memiliki kebebasan menentukan OS dan platformnya saja.

VPS biasanya digunakan untuk Web Hosting

Mengapa ? karena harganya lebih murah dibandingkan dedicated ataupun colocation server. termasuk harga lisensi cPanel jika kalian ingin menggunakan cPanel sebagai control panel hosting kalian.

Sebuah VPS mungkin menjadi pilihan yang lebih baik dalam beberapa kasus, terutama ketika pelanggan tidak siap untuk server sepenuhnya dedicated server eksklusif untuk mereka gunakan yang bisa menjadi proposisi mahal.

Nah itulah perbedaan yang dapat saya beritahu pada kalian. Semoga bermanfaat ya ^_^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Cloud Server dengan VPS"

Posting Komentar