Asal Usul Masjid Quba

Pada tanggal 8 Rabiul Awal pada tahun pertama hijriah, Rasulullah SAW membangun masjid untuk pertama kali nya yang terletak di luar kota Madinah diperkirakan 5 Km di sebelah tenggaranya. masjid ini dibangun di atas kebun kurma, pada awalnya luas masjid ini hanya 1.200 meter persegi.  Pada tahun 1986, masjid tersebut direnovasi dan diperluas oleh kerajaan Arab Saudi. Masjid ini pun biasa disebut dengan Masjid Quba.

 travel umroh sunnah jakarta


Banyak travel haji dan umroh, seperti travel umroh sunnah jakarta dan wilayah sekitarnya, biasanya akan memberikan tour untuk para jamaah untuk menunaikan Ibadah sholat di masjid istimewa ini. 

Simak beberapa fakta tentang masjid ini : 

Ibadah di Masjid Quba Mendapatkan Pahala Umroh

Diriwayatkan dari Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang telah bersuci (berwudhu) di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba’ lalu shalat di dalamnya dua rakaat, maka baginya sama dengan pahala umrah.” (Sunan Ibn Majah, no. 1412)
Dahulu kala Rasulullah SAW selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan menaiki unta atau berjalan kaki. Juga terkadang Rasulullah SAW pergi ke masjid ini pada hari Senin dan Kamis.


  • Masjid Kesayangan Rasulullah SAW


Sebagai wujud kecintaan Rasulullah SAW kepada Masjid Quba,  Mulai dari pembangunannya, Rasululah SAW turut serta membangun selama 10 hari dan setelah masjid selesai beliau menjadi imam sholat berjamaah selama 20 hari di Masjid Quba. Lalu setelahnya beliau selalu mengunjungi Madinah  pada hari Sabtu untuk menunaikan sholat di Masjid Quba. 

Setelah Rasulullah wafat, para sahabat kemudian meniru kebiasaan Rasulullah SAW, untuk mengenang kecintaan Rasulullah SAW terhadap masjid Quba.


  • Wujud Ketakwaan


Setelah dibangunnya masjid ini, Rasulullah SAW dan para sahabatnya melakukan sholat jamaah untuk pertama kalinya. Inilah yang kemudian menunjukan ketakwaan umat muslim. Sehingga Allah kemudian menyerukan bahwa ibadah di masjid ini merupakan suatu keutamaan.


  • Awal Seni Arsitektur Islam 


Awalnya masjid ini dibangun dengan sederhana dan seadanya, dikarenakan sebagai masjid pertama dan di bangun langsung oleh Rasulullah SAW tentu masjid ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan arsitektur Islam. Contoh yang paling utama dari keselurahan arsitektur islam (khususnya masjid) di abad 18-20, saat penyebaran agama islam mulai meluas ke berbagai penjuru dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Masjid Quba"

Posting Komentar