Trik Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Harga Server unbkKetika mulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut dapat menjadi suatu elemen utama yang menentukan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang seharusnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih tipe server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan high, sedang, atau hanya dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan jenis server yang tepat untuk jasa  Anda.

Trik Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat klasifikasi, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena wujudnya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini amat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas user laptop antara 20 hingga 100 orang bisa menggunakan server macam ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan suplai kekuatan back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini sanggup mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu simpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih besar. Sebagian, server macam ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server tipe ini memiliki keunggulan tersendiri jikalau dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu tipe server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini lazimnya digunakan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal supaya server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang memakainya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada daya kerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda"

Posting Komentar