Cara Pilih Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda

Sewa Server MurahSaat mulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal ini bisa menjadi satu unsur penting yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan ragam server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan kompleks, menengah, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang layak untuk layanan  Anda.

Trik Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak dipakai karena formatnya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna laptop antara 20 sampai seratus orang dapat memilih server jenis ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server model entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai daya cadangan untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani sebagian tugas secara beriringan. Server ini mampu menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, membatasi metode pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun begitu server jenis ini mempunyai kelebihan tersendiri jika diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat memakai suplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini tepat untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs berita, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server tertinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu pemakai yang bergantung pada database yang besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang optimal agar server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berdampak pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pilih Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda"

Posting Komentar