Cara Memilih Macam Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaPada saat memulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal ini dapat menjadi suatu faktor penting yang memutuskan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang seharusnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk kebutuhan high, sedang, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan macam server yang cocok untuk jasa  Anda.

Cara Memilih Macam Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini lazim diaplikasikan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena formatnya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini sangat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah user computer antara dua puluh sampai 100 orang dapat menggunakan server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server model entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini sanggup mengerjakan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, membatasi cara pembagian data, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga bisa simpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server jenis ini memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa menggunakan suplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Macam server ini cocok untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu user yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya digunakan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal supaya server bisa bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berakibat pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak bisa menampung pekerjaan user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini bisa mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Macam Server yang Pantas dengan Bisnis Anda"

Posting Komentar