Mau Daur Ulang? Ada 7 Jenis Plastik Khusus Daur Ulang!!

Primer Cat Plastik - Plastik sudah menjadi alat yang sangat berguna bagi kehidupan kita sehari - hari. Bukan hanya untuk alat pembungkus barang dan pelapis alat - alat industri saja, namun juga bisa mendatangkan uang apabila kita mendaur ulangnya. Akan tetapi tidak semua jenis plastik bisa didaur ulang, hanya ada beberapa jenis saja yang bisa digunakan untuk didaur ulang. Apa kalian tahu plastik jenis apa saja yang bisa kita daur ulang? Kepo? CEKIDOT!!

1. PETE


Polyethylene Terephthalate atau disingkat PETE adalah jenis plastik pertama yang bisa didaur ulang. PETE atau juga disebut Kode 1 sering digunakan sebagai wadah makanan. Plastik Kode 1 ini kerap digunakan menjadi kemasan semua botol air mineral dan beberapa pembungkus lainnya. Plastik ini hanya bisa digunakan sekali saja, setelah itu harus dibuang. Ciri - ciri umumnya adalah bening, jernih, transparan, dan kuat.

Karena kalau tidak bisa menyebabkan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang berkembang pada plastik itu serta bahan plastik yang mengandung unsur kimia bisa mempengaruhi organ tubuh kita. PETE hanya bisa digunakan untuk air dingin, dan sama sekali tidak disarankan untuk menyimpan air hangat maupun air panas. Salah satu hasil daur ulang yang bisa kita dapatkan dari jenis plastik ini adalah benang karpet.


2. HDPE


High-Density Polyethylene atau disingkat HDPE adalah jenis plastik kedua yang ciri - cirinya berwarna asli tembus pandang dan berbahan kaku. Plastik jenis ini dapat ditemukan di berbagai kemasan produk cairan kimia, herbal, obat - obatan, susu, pestisida, pupuk, minyak, bahan makanan, dan kemasan lainnya. 

Selain itu, plastik ini tahan terhadap sifat - sifat kimia, sangat keras, dan tidak mudah rusak apabila terkena sinar matahari serta suhu yang ekstrim (baik sangat panas maupun sangat dingin). Plastik dengan nama lain Kode 2 ini adalah jenis plastik yang paling umum didaur ulang dan dianggap yang paling aman di antara semua jenis plastik. Karena itulah plastik ini juga digunakan untuk membuat tempat sampah, meja piknik, dan barang - barang lain yang bersifat tahan lama akan cuaca.

Plastik ini bisa didaur ulang dan digunakan kembali untuk kemasan produk kesehatan, ember, pipa, pot, dan produk lainnya.

3. PVC


Polyvinyl Chloride atau biasa juga disebut PVC adalah jenis plastik ketiga yang ciri khasnya tahan terhadap cuaca, bahan kimia, dan listrik. Plastik ini juga lembut dan fleksibel sesuai dengan kondisi di atas. Plastik Kode 3 ini biasa digunakan untuk membuat beberapa kontainer, botol deterjen, pipa plastik, kawat jacketing, pembungkus makanan, mainan anak - anak, dan lain - lain. 

Karena sifatnya yang sangat tahan lama, plastik ini menjadi jenis plastik yang paling susah untuk didaur ulang. Ditambah dengan biaya daur ulangnya yang relatif mahal, hanya beberapa orang yang mendaur ulang plastik ini. 

4. LDPE


Low Density Polyethylene atau juga disebut Kode 4 adalah plastik yang biasa didaur ulang untuk berbagai barang yang memerlukan kekuatan tapi fleksibel, salah satunya seperti bahan pembuat ubin lantai. Selain itu, plastik ini memiliki sifat lentur dan tipis sehingga sering digunakan juga sebagai tempat pembungkus seperti tas plastik, pembungkus makanan, tutup plastik, dan lain - lain. 

5. PP


Polypropylene atau PP adalah jenis plastik Kode 5 yang ciri khasnya memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap kimia, titik leleh yang tinggi, dan kuat. Plastik ini juga mampu menjaga bahan yang ada di dalamnya dari kelembaban, minyak, dan senyawa kimia lain. 

Karena itualah PP biasa digunakan untuk produk makanan, minuman, dan obat - obatan yang mengandung sifat kimia yang keras. Daur ulang PP bisa digunakan untuk berbagai produk komponen otomotif, alat tulis, tali, karpet, alat-alat laboratorium, sapu, sikat, tempat baterai, dan lain sebagainya.

6. PS


Polystyrene atau PS dan juga disebut plastik Kode 6 memiliki karakteristik murah, ringan, dan mudah dibentuk. Plastik ini kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti botol minuman ringan, karton telor, kotak makanan, dan pembungkus bahan yang akan dikirim dalam jarak jauh. Bahan plastik ini sebenarnya sangat berbahaya apabila digunakan untuk tempat makan dan minum (styrofoam). 

Karena PS mengandung Styrene yang memiliki efek negatif terhadap otak dan sistem syaraf manusia. Bahan ini juga dapat memicu kanker dan gangguan sistem reproduksi. Daur ulang PS bisa digunakan untuk produk anak mainan anak - anak, busa pelindung/pengaman, meja, solasi, dan produk lainnya.

7. Other


Bahan plastik lain atau Other atau Kode 7 adalah jenis - jenis plastik lainnya yang tidak termasuk dalam 6 jenis plastik di atas. Ada 4 macam untuk jenis plastik berkode 7 ini yaitu ABS (acrylonitrile butadiene styrene), Nylon, PC (polycarbonate), dan SAN (styrene acrylonitrile). Kode ABS dan SAN memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan tinggi terhadap reaksi bahan kimia serta suhu.

Plastik ini biasa digunakan untuk membuat aksesoris kendaraan, tapi ada juga pabrik yang menggunakan plastik ini sebagai bahan baku botol minuman bayi dan pembungkus makanan. Penggunaan plastik ini sebagai botol minuman dan pembungkus makanan sangat tidak dianjurkan, karena salah satu zat penyusun plastik ini seperti BPA (Bisphenol A) merupakan senyawa yang dapat mengganggu kerja hormon-hormon tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Daur Ulang? Ada 7 Jenis Plastik Khusus Daur Ulang!!"

Posting Komentar