Tips Fotografi Dari Steve McCurry Yang Bakal Membantu Kamu Jadi Fotografer Yang Sukses


Steve McCurry merupakan fotografer kontemporer yang sangat ikonik. Steve dan karya-karyanya telah muncul di berbagai majalah dan pameran terkemuka. Steve lahir di pinggiran kota philadelphia, pennsylvania pada 24 februari 1950. Dia kuliah di universitas penn state dengan jurusan Jurusan Cinematography and Film setelah lulus sempat bekerja untuk tempat koran local, disana mulai terbentuk kecintaanya dengan fotografi dan mulai saat itu di mendalami fotografi. Steve merupakan founder ImagineAsia, sebuah non-profit perusahaan bekerjasama dengan tokoh masyarakat local yang bertujuan memberikan resource di dalam edukasi dan memberikan kesempatan pada anak-anak dan orang dewasa Afghanistan. Salah satu karya terkenalnya adalah Afghan Girl diambil pada 1984 yang di pasang di sampul majalah national geograpic pada 1985 dan menjadi ikon untuk para pengungsi wanita di pengungsian.

Nah Setelah memperkenalkan Steve McCurry, ada beberapa tips dari dia yang sangat membantu kamu yang ingin menjadi atau memang seorang fotografer, tapi sebelumnya cobalah mampir ke Cetak Foto Kanvas dimana kamu bisa mencetak berbagai foto di atas kanvas. Yaudah mulai aja, di lihat yuk :
  • Rule Of Thirds. Pada rules of thirds, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, kita sekarang memiliki pertemuan empat titik.
  • Keempat titik pertemuan yang diwarnai merah diatas bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Nah teori komposisi rules of thirds mengatakan bahwa kalau kita menempatkan point of interest (POI) alias bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat. Steve Mengatakan untuk menaruh POI pada persimpangan atau empat titik tersebut (salah satunya saja tidak apa2).

  • Leading Lines. sebuah garis dalam gambar yang membimbing mata kita menuju pada fokus pada sebuah gambar. begitu pula dalam fotografi. Biasanya leading lines terbagi dua, yaitu natural dan buatan. Steve mengatakan untuk menggunakan natural lines untuk menunjukan POI.

  • Diagonal. Menurut Steve garis diagonal pada foto memberikan pergerakan yang hebat.

  • Framing. Framing adalah menempatkan Point of Intereset (POI) dalam posisi yang sedemikian rupa sehingga dikelilingi elemen lain dalam foto. Menurut Steve menggunakan natural frame seperti pintu atau jendela untuk mengelilingi POI akan terlihat jauh lebih baik.

  • Figure to Ground. Maksud Steve disini adalah menemukan kontras antara subjek dengan background. Dengan begitu foto yang di hasilkan akan menyatu dengan baik.

  • Fill the Frame. Cobalah untuk mengambil foto subjek dari dekat sehingga subejek akan mengisi penuh foto yang diambil.

  • Center Dominant Eye. Dengan meletakkan mata yang dominan di tengah foto amaka akan memberikan kesan mata tersebut mengikuti kamu alias bergerak.

  • Patterns and Repetition. Pola adalah hal yang estetis. Tapi akan menjadi lebih baik jika pola itu terganggu (interrupted)

  • Symmetry. Simetris sangat enak untuk dilihat terutama dalam foto, sehingga cobalah mengambil foto simetris.

  • Rules were meant to be broken. Just enjoy your self dan fotolah sesuai dengan gaya kamu sendiri.
Itulah tips ampuh dari seorang Steve McCurry. Bagaimana? menarik sekali bukan, kalian bisa langsung mempraktekkannya dan langsung membandingkan hasilnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Fotografi Dari Steve McCurry Yang Bakal Membantu Kamu Jadi Fotografer Yang Sukses"

Posting Komentar