Tips Memilih Model Server yang Cocok dengan Usaha Anda

Harga Server unbkSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini dapat menjadi satu faktor prioritas yang menetapkan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih tipe server yakni mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan high, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan jenis server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Tips Memilih Model Server yang Cocok dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam 4 golongan, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server macam ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan gampang diletakkan pada rak server.
Model server ini sangat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan jumlah pengguna computer antara 20 sampai 100 orang dapat menggunakan server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai kekuatan back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga sanggup simpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun demikian server model ini mempunyai keistimewaan tersendiri apabila diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan macam ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa menggunakan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website kabar, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berpengaruh pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini bisa mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Model Server yang Cocok dengan Usaha Anda"

Posting Komentar