Memilih Hewan untuk Qurban

Senin, 24 Oktober 2011

Jual Hewan Qurban - Hari raya Idul Adha atau Hari raya Qurban semakin dekat, buat Anda yang ingin ikut berqurban, harus teliti dalam memilih hewan ternak yang akan dibeli. mengingat banyaknya hewan ternak sekarang ini yang sudah banyak terjangkit penyakit seperti antraks, sapi gila, TBC dan cacing hati di beberapa daerah, seperti Brebes.

Untuk hewan ternak yang dijangkiti penyakit tidak layak untuk dikonsumsi dan dijadikan hewan kurban. Ada beberapa saran dalam memilih hewan ternak yang harus diperhatikan, yaitu selaput lendir, mata, mulut, lidah, dan alat kelaminnya. Untuk ternak yang sehat, bagian-bagian tubuh tersebut mengkilap.

Selain ciri-ciri diatas bulu ternak juga licin dan apabila digosok tidak rontok. Karena apabila digosok rontok, nisa jadi ada indikasi cacingan pada ternak tersebut.

Selain hal ini, pastikan hewan ternak yang akan dijadikan qurban diperiksa oleh ahlinya, dalam hal ini bisa Dinas Peternakan, ada baiknya juaga membeli hewan yang memiliki sertifikasi dari dinas kesehatan.

Info Terkait: Kambing Aqiqah
Share this article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Artikel Baru All Rights Reserved.
Template Re-Design by Jenggot | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.