Cara Tepat Membersihkan Headlamp Mobil

Jumat, 19 November 2010


Cahaya lampu mobil maupun motor yg kurng terang belum tentu disebabkan oleh watt (daya) yg kurng besar. Misalnya daya lampu halogen yg 55 watt jangan lngsung dinaikan ke 90 watt. Mungkin saja penybabnya terletak pada headlamp yg kotor sehingga pancaran sinar lampu terhalang.

Coba perhatikan apakah batok headlamp anda kotor? Bgmna dengan reflektornya (bagian berwarna chrome yg memantulkan sinar bohlam ke depan)? Kalau anda rasakan kotor, berikut tips melakukan perawatan mobilnya khususnya headlamp

Perlengkapan yg dipakai dalam perawatan mobil headlamp:

Hair dryer atau "Hot Gun" yg biasanya dipakai oleh teknisi Kaca Film, sticker dan installer audio mobil .Tetapi perlu dicatat bila menggunakan hot gun sebaiknya lebih berhati-hati untk menghndari parts berbahan fiber agar tidak meleleh.

Obeng + dan - untk mencongkel kacaacrylic dan untk melepas headlamp dari dudukannya.

Sealer bening yg sering dipakai untk akuarium, sering juga dikenal sebagai lem kaca. Gunanya untk merekatkan kembali kacaacrylic setelah proses selesai.

(Optional) Akan lebih baik hasilnya bila perekatan menggunakan threebond ketimbang sealer bening. Tapi siap-siap untk merogoh kocek lebih dalam karena pemakaiannya pasti lebih banyak; sekitar dua kali lipatnya.

Sealer hitam 1 tube kecil untk menutupi sela-sela headlamp dan lampu signsein agar kedap air.

Palu

Dalam proses pengerjaan anda harus extra hati-hati bila batok headlamp terbuat dari acrylicmika tebal karena bahan ini lebih mudah retak dan tergores dibandingkan batok headlamp yg berbahan kaca.

Setelah batok headlamp terlepas bersihkan dulu sisa-sisa sealant bawaan headlamp baik yg ada di dudukannya maupun yg menempel di headlampnya (dan sign). Anda bisa gunakan obeng, silet, atau cutter. Usahakan pembersihannya rata dan menyeluruh agar saat pemasangan kembali nanti bisa sempurna (rapat).

Tahap selantjutnya adalah membersihkan reflektor. Sebaiknya gunakan saja lap kering selama kotoran reflektor tidak terlalu membandel. Jangan terpancing untk menggunakan cairan thinner atau minyak tanah karena keduanya dapat mengelupas lapisan reflektor sehingga menimbulkan kerusakan permanen.

Untk membersihkan bagian dalam batok headlamp. Untk yg berbahan kaca bisa gunakan sikat gigi dan shampo mobil maupun motor. Sedangkan yg berbahan acrylic sebaiknya tidak menggunakan sikat gigi, cukup menggunakan lap basah dan shampo mobil maupun motor saja untk menghindari batok headlamp tergores.

Lalu bersihkan dudukan di headlamp dengan sikat gigi dan shampo mobil maupun motor, lalu dikeringkan.

Bila telah kering, dudukan acrylickaca di headlamp dan lampu sign, gunakan sealant beningthreebond yg sudah disiapkan sebelumnya pada sambungan sekeliling dudukannya. Bubuhi agak banyak agar hasilnya maksimal dan lebih kuat. Setelah itu pasang kembali batok acrylickaca, jangan lupa kunci kembali klip-klip penahannya.

Diamkan headlamp yg sudah diproses beberapa lama untk menunggu sealantthreebond kering total. Jangan tergesa-gesa memasangkannya kembali ke mobil maupun motor agar proses bonding tidak terganggu pergerakanpergeseran (bila langsung dipasangkan kembali ke mobil maupun motor).


Sumber: situsotomotif.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, Iklan Baris
Share this article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Artikel Baru All Rights Reserved.
Template Re-Design by Jenggot | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.