Mengenal Ikan Raksasa Asal Amazon

Dari namanya saja sudah terlihat keunikannya, apalagi jika Anda melihat secara langsung wujud binatang laut asal sungai Amazon ini. Badannya yang bersisik kasar dan besar, plus matanya yang tajam, membuat Anda tak berkedip melihatnya.Ikan Araipama merupakan mamalia yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Di negara asalnya, ikan ini dikenal dengan nama Pirarucu yang artinya ikan raksasa (besar). Ia hidup dalam suhu 24-30ºC dan dapat berkembang dengan panjang mencapai 5 meter dan berat 200 kg.Araipama termasuk dalam kelompok Osteoglossidae (ikan berlidah dan bertulang) seperti ikan Arwana. Selain bernapas dengan insang, ternyata Araipama juga bisa bernapas di udara dalam kondisi tertentu.

Dengan begitu, Araipama bisa menyelamatkan diri ketika kondisi air sedang surut, karena biasanya ia akan menggulungkan diri membentuk bola dan membenamkan diri dalam lubang sampai air kembali datang.Tak ayal, dengan kemampuannya bernapas dalam dua situasi, membuatnya muncul ke permukaan setiap 5-20 menit sekali, tergantung dari ukuran dan usianya. Untuk Araipama muda, biasanya muncul ke permukaan setiap 5 menit sekali, sedang Araipama besar muncul setiap 18-20 menit sekali.

Selain mampu bernapas di udara, keunikan lain yang dimiliki Araipama adalah terletak pada lidahnya. Lidah Araipama memiliki panjang kurang lebih 15 cm. Pada saat dewasa, lidah tersebut memiliki struktur bertulang dan permukaannya kasar. Tak jarang penduduk setempat menggunakannya untuk alat mengampalas atau menghaluskan kayu dan bahan-bahan lainnya.Araipama termasuk hewan yang berkembang biak dengan bertelur. Dalam sekali bertelur, Araipama betina bisa menghasilkan 50.000 butir telur. Untuk tempat berkembang biak, mereka memilih lubang yang dibuatnya sendiri.

Dan biasanya sang induk betina akan menjaga telurnya hingga menetas. Setelah itu, induk jantan akan menjaga anaknya dalam mulut dan melakukan komunikasi melalui pherophone yang ada di bagian kepalanya.

Sumber : bebexbiroe.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ikan Raksasa Asal Amazon"

Posting Komentar