Makanan Khas Surabaya Yang Sangat Hits Tak Lekang Oleh Waktu


Makanan Khas Surabaya

Rawon ialah adalah satu makanan khas Surabaya. Rawon mempunyai karakteristik khas dengan kuahnya yg hitam pekat. Isian rawon terdapat daging sapi. Meskipun memiliki kuah hitam, rawon mempunyai rasa asam segar yg mampu buat engkau ketagihan. Rempah di rawon semakin menambah nikmat cita rasanya. Apalagi Bila dikonsumsi ketika masih hangat.


Ibu kota berasal Jawa Timur ini tidak hanya menyimpan berjuta makanan dan minuman khasnya. Tersimpan poly sejarah pada Surabaya. Surabaya juga terkenal menggunakan sebutan kota pahlawan. tak hanya itu Surabaya juga menyimpan aneka macam kebudayaannya. waktu ini pun, semakin hari Surabaya dikenal semakin berkembang.

Kenalan Dulu Ayo Menggunakan Surabaya
  • Kota Metropolitan
Surabaya ialah kota Metropolitan terbesar di Jawa Timur. Surabaya juga sebagai kota terbesar ke 2 sesudah Jakarta pada Indonesia lho. Jadi bagi kamu berasal Jakarta yg berkunjung ke Surabaya permanen terasa ramai padat tunggangan pada malam hari. Begitu jua menggunakan gedung-gedung pencakar langit.

  • Filosofi Surabaya
Dinamakan Surabaya sendiri diambil asal bahasa Jawa antik yg diartikan secara filosofis menjadi lambang usaha antara darat dan air. pada sisi lain, nama Surabaya juga ada mitos pertempuran antara ikan sura/suro (ikan hiu) serta baya/boyo (buaya) yg memunculkan dugaan, terbentuknya nama tersebut setelah terjadinya pertempuran tersebut.

  • Kota Pahlawan
Mengapa dikenal menjadi kota pahlawan? Hal itu disebabkan sebab usaha arek-arek suroboyo (pemudah-pemuda Surabaya) yang mempertahankan Indonesia asal agresi penjajah. Hal tersebut semakin diperkuat menggunakan adanya tugu pahlawan. di Surabaya inilah Bung Tomo mengobarkan semangat kemerdekaan.



  • Kebudayaan
Terdapat 3 kebudayaan yang populer pada Surabaya, yaitu ludruk, tari remo, dan kidungan. Ludruk merupakan seni pertunjukan drama yang menceritakan kehidupan masyarakat pada keseharian. Tari remo asli asal Surabaya yang pula diklaim tari selamat datang yg umumnya dipersembahkan buat tamu-tamu spesial. Sedangkan kidungan artinya pantun yg dilagukan serta mengandung unsur humor.

  • Kuliner Khas Surabaya
Nah, balik lagi menggunakan makanan khas Surabaya. Meskipun diklaim sebagai kota metropolitan seperti Jakarta, kuliner khasnya tentu saja tidak sinkron. Surabaya mempunyai keberagaman makanan khasnya mulai asal yg ringan sampai sajian utama pada santap. mirip apa sih kuliner khas Surabaya itu?

Jenis-jenis kuliner spesial Surabaya
  • Nasi Goreng Jancuk
Etts, jangan berpikiran jelek dulu. Diberikan nama jancuk di hidangan ini karena mewakili rasanya yang sangat pedas. Saking pedasnya ketika dikonsumsi seakan ingin mengumpat menggunakan menyebut istilah “jancuk” ini. Bagi kamu penyuka pedas belum mampu dibilang keren Jika tidak mencoba nasi goreng jancuk asal Surabaya ini.

  • Spesial Belut
Mungkin Jika membayangkan belut yg masih hayati sangat menjijikkan. Pasalnya belut memiliki tekstur kulit yg licin dan sulit buat ditangkap. tetapi, siapa sangka Jika belum mempunyai kandungan gizi yang tinggi. pada Surabaya belut diolah dengan adonan sambal pedas dan diulek memakai cobek. hidangan ini sangat cocok dinikmati menggunakan nasi hangat.

  • Rujak Cingur
Siapa yg tidak mengenal rujak yg satu ini? Bahkan kelezatan sudah hingga ke lidah warga Jakarta. dalam bahasa Indonesianya rujak cingur berarti hidung sapi. Beberapa kuliner yg dipergunakan adalah tauge, lontong, dan memahami. Adanya tambahan petis membentuk rasa rujak cingur semakin enak.

  • Rawon Setan
Dianggap menggunakan rawon setan sebab cita rasanya yg pedas segar atau pula acapkali diartikan sebab kuahnya hitam. Rawon mempunyai kuah spesial yang terasa pekat menggunakan segala rempah-rempahnya. warna hitam di rawon sebab ada adonan bumbu kluwak serta bahan lainnya. Rawon semakin enak dinikmati sebab terdapat rabat daging. Terkadang juga ditambahkan jeroan dan kikil sapi.

  • Sate Klopo
Ada yg sedikit tidak sinkron dari jenis satai lainnya. Sekilas sate klopo ini mirip rambut, sebagai akibatnya akan terlihat menggelikan untuk dikonsumsi. namun, rambut-rambut tadi berasal dari kelapa parut. Sebelum satai dibakar terlebih dahulu dilumuri dengan parutan kelapa agar rasa yg dihasilkan sebagai lebih gurih serta enak. Bahan daging yang dibakar sendiri memakai daging sapi atau ayam. Terkadang juga dicampurkan dengan jeroan serta lemak sapi.


  • Bebek Mercon
Asal namanya absolut engkau telah mampu memperkirakan bagaiamana rasa berasal bebek ini. Bila kamu berani mengonsumsinya akan terasa ledakan mercon pada mulutmu. Meskipun demikian, rasa pedas berasal bebek mercon ini justru membentuk banyak orang ketagihan. Bebek ini diolah menggunakan cara digoreng. pada satu porsinya kamu akan mendapatkan nasi hangat, tahu atau tempe goreng, serta tentu saja lalapan.

  • Lontong Kupang
Lontong kupang ini seperti menggunakan kerang yg dimasak menggunakan cara direbus. Kupang putih biasa dikombinasikan dengan tambahan lontong, perasan jeruk nipis, dan petis. Uniknya, lontong kupang jua dinikmati bersama satai kerang dan es kelapa belia yg segar. keliru satu warung yang menyediakan hidangan lontong kupang ini terdapat pada Jalan Darmo latif angka 7 Surabaya, tepatnya di warung lontong milik Bu Siti.

  • Mie Akhirat
Asal namanya yang unik bagaimana menurutmu? menakutkan atau menyenangkan? Dinamakan “akhirat” karena mempunyai mempunyai mie dengan tektsur rona putih serta hitam. warna putih menggambarkan nirwana, sedangkan hitam tentu saja neraka. ilham asal anugerah nama pada mie ini menyambung menggunakan urusan dunia selesainya kematian, yaitu akhirat.

Oleh-Oleh Makanan Khas Surabaya

  • Surabaya Snowcake
Berkunjung ke negeri orang tentu tak akan lengkap tanpa membeli oleh-sang makanan khasnya. seperti sang-oleh yang satu ini, surabaya snowcake sendiri merupakan sarana jajanan yg didirikan oleh seniman mak kota, yaitu Zaskia Sungkar. Surabaya snowcake sendiri sebenarnya diadaptasi asal kue spiku berasal Surabaya. namun, dikreasikan dengan konsep kekinian, sehingga tampilan serta rasa begitu menggugah.

  • Almond Crispy Cheese
Almond crispy terbuat berasal bahan dasar tepung yang dicampur dengan telur, gula, keju, susu bubuk, serta almond sebagai topping di atasnya. Almond crispy memiliki tekstur yg tipis sebagai akibatnya akan terasa renyah Bila dikonsumsi. Almond crispy merupakan makanan ringan yang paling poly dicari waktu berkunjung ke Surabaya. terdapat 3 varian rasa, yaitu cokelat, greentea, dan original.



Hingga pada Surabaya jangan gundah lagi buat menentukan kuliner yg akan kamu coba ya guys! Bagi kerabat yg tidak ikut ke Surabaya, engkau mampu membawakannya sang-sang makanan khasnya. Surabaya adalah kota yg akan keberagaman. Begitu pula dengan kuliner spesial Surabaya. Berkunjung ke kota pahlawan jangan hanya sekadar singgah. Tunggu apalagi? mari mulai berwisata makanan!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Khas Surabaya Yang Sangat Hits Tak Lekang Oleh Waktu"

Posting Komentar